Soal B

B. tampilkan data-data yang bisa untuk melakukan perhitungan IPK

Apa itu IPK? Indeks Prestasi Kumulatif. Jadi, mahasiswa itu kuliah tentu saja mengambil matakuliah, dimana matakuliah itu memiliki bobot sks, dan di akhir semester dia dapet nilai. Nah, dari situ jumlah sks yang telah dia selesaikan dijumlah dan dikalikan nilai yang diperoleh pada masing-masing sks tersebut. Setelah itu, dibagi dengan jumlah sks yang tadi. Bingung? Tanyalah pada mahasiswa atau dosen di sekitarmu 😀

Yak, lalu data apa saja yang kita butuhkan untuk mendapat IPK. Nim, kodemk, thnakademik, semester, sks, dan nilai. Saya rasa itu cukup. Berikut querynya..

SELECT peserta.nim, kuliah.kodemk, CONCAT( kuliah.thnakademik, kuliah.semester ) AS TIME, matakuliah.sks, 69 – ASCII( UPPER( nilai ) ) AS biji

FROM peserta, kuliah, matakuliah

WHERE peserta.kodekuliah = kuliah.kodekuliah

AND kuliah.kodemk = matakuliah.kodemk

ORDER BY peserta.nim , kuliah.kodemk, TIME


Bi

Hasil query akan tampak seperti gambar di atas.

Pada query di atas terdapat CONCAT( kuliah.thnakademik, kuliah.semester ) AS TIME. Maksudnya untuk menggabungkan string thnakademik dan string semester. Dari sini, kita nanti tidak hanya dapat menentukan IPK, tapi juga IP tiap semester. Mantep to 😀 (biasa wae…).

Lalu ada 69 – ASCII( UPPER( nilai ) ) AS biji. UPPER digunakan untuk membuat karakter nilai menjadi uppercase-nya. Dan 69-ASCII…. , ini digunakan untuk mendapat nilai berupa angka. Lebih jauhnya silahkan pelajari sendiri tentang kode ASCII. Terlalu banyak referensi di internet yang bisa Anda gunakan..

Leave a Reply