Environment Variables on Windows 7

Bagi Anda yang sering menggunakan java compiler mungkin pernah kerepotan saat akan mencompile file *.java yang tidak berada dalam folder bin. Atau mungkin ingin me-launch aplikasi tertentu secara cepat dari command prompt.  Dalam kasus saya, mudah untuk memanggil notepad dari command prompt atau cmd, tapi bagaimana dengan notepad++ yang bukan default dari windows??

Karena itulah sekarang mari kita coba modifikasi environment variables pada sistem kita.

Kalau ingin cepat, tinggal klik start, lalu ketik saja “env” atau”environment”, maka muncul “Edit Environmen bla..blaa.bla”, klik saja yang pertama.

Atau kalau males ngetik, buka Explorer, klik kanan Computer >> Properties. Klik Advance system settings, lalu klik Environment Variables..

Setelah muncul jendela Environment variables, lihat pada bagian system variables. Cari “Path”, lalu masukkan address folder dimana aplikasi berada pada “Path” tersebut. Misal, javac.exe untuk meng-compile file *.java ada pada “C:\Program Files (x86)\Java\jdk1.6.0_01\bin”, maka Anda tinggal memasukkan address tersebut ke “Path”.

Atau bisa juga membuat variable name baru pada system variables, seperti “JAVA_HOME” dengan value “C:\Program Files (x86)\Java\jdk1.6.0_01”. Lalu kita memasukkan variable buatan kita tadi ke dalam “Path” dengan “%JAVA_HOME%\BIN” . Kedua cara di atas sama saja.

Satu contoh lagi yang saya terapkan yaitu untuk memanggil notepad++.exe langsung dari command prompt. Aplikasi ini berada di “D:\DATA\master\notepad++4.1.2” sehingga saya tinggal menambahkan address ini pada path. Sedangkan di dalam folder tersebut notepad++.exe saya rename menjadi npp.exe. Jadi dari command prompt tinggal ketik npp maka muncullah notepad++. Setelah itu buka command prompt yang baru.

Oke, selesai. Sekian, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Leave a Reply