Beberapa Istilah dalam Sistem Operasi

Beberapa istilah dalam sistem operasi yang akan dibahas tersebut adalah multiprogramming, multitasking, multiprocessing dan timesharing.

mutiprogramming

multiprogramming adalah alokasi sistem komputer dan sumber daya untuk lebih dari satu aplikasi bersamaan, pekerjaan atau pengguna

Awalnya, teknologi ini berusaha untuk mengoptimalkan penggunaan sistem komputer, karena waktu dan sumber daya pemrosesan sering terbuang ketika pekerjaan tunggal menunggu interaksi manusia atau lainnya input data / operasi output.
Kemampuan multiprogramming dikembangkan sebagai fitur sistem operasi pada akhir 1950an dan datang ke umum digunakan dikomputer mainframe di pertengahan 1960-an akhir.
Penggunaan multiprogramming telah disempurnakan oleh kedatangan memori virtual dan mesin virtual teknologi, yang memungkinkan program-program individu untuk menggunakan memori dan sumber-sumber sistem operasi seakan-program lain yang berjalan secara bersamaan itu.

Awalnya, teknologi ini berusaha untuk mengoptimalkan penggunaan sistem komputer, karena waktu dan sumber daya pemrosesan sering terbuang ketika pekerjaan tunggal menunggu interaksi manusia atau lainnya input data / operasi output.Kemampuan multiprogramming dikembangkan sebagai fitur sistem operasi pada akhir 1950an dan datang ke umum digunakan dikomputer mainframe di pertengahan 1960-an akhir.Penggunaan multiprogramming telah disempurnakan oleh kedatangan memori virtual dan mesin virtual teknologi, yang memungkinkan program-program individu untuk menggunakan memori dan sumber-sumber sistem operasi seakan-program lain yang berjalan secara bersamaan itu.

multiprocessing

Multiprocessing adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer.

Dapat dikatakan bahwa multiprocessing berkaitan dengan penggunaan dua atau lebih CPU dalam satu sistem komputer. Istilah ini juga menjurus pada kemampuan sistem untuk mendukung lebih dari satu processor dan/atau kemampuan mengalokasikan tugas.

multitasking

Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama.


Dalam kasus sebuah komputer dengan prosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat bekerja dalam satu waktu, berarti bahwa CPU tersebut secara aktif mengolah instruksi untuk satu pekerjaan tersebut. Multitasking memecahkan masalah ini dengan memjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan. Kondisi mengalokasikan CPU dari pekerjaan satu ke pekerjaan yang lain disebut context switch. Ketika context switch terjadi dengan sangat cepat — kondisi ini cukup untuk memberikan ilusi pengolahan-paralel.

timesharing

berbagi sumber daya komputasi antara banyak pengguna melalui multiprogramming dan multi-tasking

timesharing memungkinkan beberapa pengguna sekaligus untuk menggunakan sumberdaya komputer.

Perbedaan diantara keempat istilah di atas

Keempat istilah di atas seolah hampir menjelaskan suatu hal yang sama.

Pengimplementasian multiprocessing lebih pada hardware, sedangkan multiprogramming dan multitasking lebih pada software. Dan timesharing sendiri juga dimanfaatkan dalam multitasking.

Leave a Reply