Sistem Operasi-ku

Definisi sistem operasi bermacam-macam bila kita tilik dari berbagai sumber. Berikut definisi sistem operasi diambil dari beberapa sumber:

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi. (id.wikipedia.org)

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan penggunaan komputer ke pemakai. OS ini mengontrol penyimpanan data, input, output dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. (www.total.or.id)

Jadi ,secara garis besar, sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani user melalui aplikasi yang ia gunakan untuk memanfaatkan sumber daya berupa perangkat keras.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Saat ini ada 3 kelompok besar sistem operasi yang umum digunakan di dunia:

Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).

(sejarah singkat Windows)

Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

(sejarah singkat Unix)

(sejarah singkat Linux)

(sejarah singkat BSD)

Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

(sejarah singkat Mac Os)

Dan masih banyak sistem operasi lain di luar 3 kelompok besar tersebut seperti, Plan 9 dan Google Chrome OS.

Namun dari 3 keluarga sistem operasi tersebut, Linux-lah sistem operasi favoritku. Meski BSD termasuk keluarga Unix, saya tidak terlalu menyukainya karena masih belum mengenalnya. Mungkin setelah bertemu komunitasnya atau harus berhadapan dengan server saya baru akan “bersilaturahim” ke BSD 😀

Linux merupakan sistem operasi dengan kode sumber terbuka sehingga memungkinkan pengguna (yang memiliki ilmu “ngoprek”) untuk mengutak-atik sesuai seleranya. Biasanya pengguna tersebut menambahi sistem operasi dengan berbagai aplikasi sesuai kebutuhan, sehingga sistem operasi tersebut sudah akan memiliki beberapa aplikasi pendukung saat sudah terinstal. Juga dengan mengganti GUI atau tampilan dari sistem operasi tersebut supaya lebih enak dipandang. Hal seperti biasa kita sebut “remaster”. Di Indonesia sudah banyak beredar Linux hasil remaster, seperti Blankon, Ugos, dan Igos.

Sebagai anak muda yang masih perlu banyak belajar, saya merasa nyaman menggunakan Linux meski seringkali memerlukan kerja ekstra untuk menguasainya. Berbeda dengan sistem operasi Windows yang relatif lebih mudah dalam penggunaan juga kompatibilitasnya. Namun, disitulah letak tantangannya, kita dituntut untuk berpikir dan bekerja lebih untuk dapat menggunakan Linux dengan lancar. Dengan adanya sistem operasi seperti ini pula dapat menjadi fasilitas bagi pengguna yang ingin belajar mengenai sistem operasi lebih jauh.

Tapi untuk masa sekarang, Linux tak lagi seperti dulu yang mana hanya orang-orang “advance” yang lancar menggunakan. Kini dengan berbagai kemudahan yang sudah dikembangkan para developer semakin menarik banyak orang untuk beralih ke Linux. Terlebih apabila berkaitan dengan lisensi yang lumayan menguras kantong. Linux menjadi solusi murah dan nyaman untuk badan usaha kecil,menengah maupun besar.

Lalu bagaimana dengan MacOs dan Windows?

MacOs masih ada hubungan “kerabat” dengan Linux. 😀 Namun, saya tidak terlalu tertarik dengan sistem operasi tersebut. Perintah-perintah terminal-nya pun tak jauh beda dengan terminal Linux. Apalagi dengan dibundlenya sistem operasi tersebut dengan perangkat kerasnya yang harganya relatif mahal untuk kantong masyarakat Indonesia.

Saya justru lumayan tertarik dengan Windows, sistem operasi ini sangat populer di Indonesia. Merupakan rahasia umum bahwasanya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan sistem operasi ini yang notabene-nya sistem operasi berbayar. Dari sistem operasi ini saya mengetahui bahwasanya struktur beberapa sistem operasi tidaklah sama.

Windows merupakan sistem operasi yang terkenal dengan kemudahan penggunaanya dan juga kerentanannya terserang virus, juga menjadi kelinci percobaan para peretas untuk bermain-main dengan para pengguna Windows. Sampai-sampai sebagian orang memiliki rasa benci berlebihan pada sistem operasi Windows.

Namun dari ketidaksamaan sistem operasi ini, ada manfaat yang dapat kita ambil. Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu jua 😀

Semua ini merupakan sarana, bukanlah hal bijak membeda-bedakan apalagi bermusuhan hanya karena perbedaan penggunaan sistem operasi.

Sekian, pendapatku mengenai beberapa sistem operasi, bagaimana denganmu?

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Sistem_operasi_Microsoft

Leave a Reply