Pengaturan Email Client untuk Akun Email UGM

Once upon a time, seorang mahasiswa ingin menggunakan aplikasi email client untuk pengecekan juga pengiriman email sehari-hari. Saat itu dia menggunakan Thunderbird. Mahasiswa itu juga mencari-cari cara bagaimana caranya menggunakan aplikasi tersebut sehingga dia bisa melihat dan mengirim email tanpa harus masuk ke webmail menggunakan browser.

Mahasiswa tersebut cukup beruntung karena sudah mengetahui konsep bagaimana cara agar aplikasi itu bisa digunakan pada suatu akun email. Yang penting dia tahu alamat outgoing server dan incoming server sekaligus nomor port-nya. Namun malang pengaturan otomatis dari Thunderbird yang dia gunakan tidak berhasil untuk pengambilan email dan pengiriman email. Benar saja karena alamat otomatis yang di-set oleh aplikasi tersebut dengan alamat server yang sudah ditetapkan untuk akun email UGM.

Namun, dia tidak tau apa alamat outgoing dan incoming server untuk akun emailnya. Akhirnya dia menemukan alamat tersebut di tutorial ini. Malangnya dari tutorial ini mahasiswa tersebut hanya dapat mengambil email dari server, tetapi tidak bisa mengirim email ke server. Apabila dicoba maka akan muncul error seperti ini.

Error message when you are using smtp.ugm.ac.id

Error Message

Then, what is the real address for outgoing server. It’s smtp2.ugm.ac.id. Beruntung juga saya bisa mendapatkan informasi itu dari mahasiswa tersebut. Selanjutnya saya tulis saja lengkap tutorialnya dari awal sampai bisa dipakai, OK!

Langkah-langkah yang harus kau tempuh adalah sebagai berikut 😀

  1. Instalasi
  2. Tidak akan saya jelaskan disini. Cara instalasi cari sendiri saja ya :p

  3. Make A New Account
  4. Pilih File > New > Mail Account

  5. Mail Account Setup
  6. Lalu isikan nama, alamat email lengkap dan password. Klik Continue.

  7. Add Security Exception
  8. Akan muncul jendela peringatan. Cancel saja 😀

  9. Mail Account Setup 2
  10. Thunderbird secara otomatis akan menentukan incoming dan outgoing server. Tapi kita tidak akan menggunakan server tersebut. Klik Edit.

  11. Mail Account Setup 3
  12. Ubah alamat incoming menjadi : pop3.ugm.ac.id dengan nomor port 995 dan security type SSL/TLS. Ubah juga tipenya menjadi POP
    Untuk alamat outogonig ubah menjadi : smtp2.ugm.ac.id dengan nomor port 465 dan security type SSL/TLS.
    Klik Manual Setup…

  13. Account Settings
  14. Akan muncul jendela baru untuk pengaturan akun. Ubah Account Name bila perlu.
    Anda bisa masuk kembali ke jendela ini nanti. Klik OK.

  15. New Account Established 🙂
  16. Akun email UGM sudah siap digunakan. Klik Read Messages untuk mendownload email. Tapi sebelumnya perlu ada beberapa pengaturan agar email di server tidak terhapus..

Oke, gimana caranya biar nggak kehapus? Lain kali aja yo.. 😀
Selamat mencoba!

Leave a Reply