Password Management


Seiring menjamurnya jejaring sosial, game online, dan berbagai layanan yang tersedia di internet, maka akan semakin banyak pula akun yang mungkin akan digunakan. Dan biasanya akun-akun tersebut terkait dengan suatu password. Apabila tidak digunakan secara berkala, sering kali pengguna lupa akan passwordnya. Hal ini bukanlah masalah besar kecuali pengguna tersebut tidak tahu bagaimana mengembalikan password-nya :p

Untuk menghindari hal seperti itu, maka kita dapat menggunakan manager password yang biasanya berupa software atau fitur dari suatu software. Pada prinsipnya kita menyimpan beberapa password dan satu password khusus sebagai master password. Kita cukup sekali saja memasukkan password yang ada di berbagai akun sekali saja. Dan kita dapat mengaksesnya dengan berbekal master password. Untuk mengingat master password tentunya relatif lebih mudah dibandingkan mengingat banyak password untuk banyak akun.

Meski hal ini merupakan solusi yang bagus untuk membantu mengingat password, tetapi hal ini belum tentu nyaman untuk semua orang,  Beberapa akan ada kekhawatiran bahwasanya master password tadi ada kemungkinan jatuh ke tangan pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga dapat mengambil semua password yang tersimpan. Karena itulah, beberapa orang lebih memilih untuk berkorban dalam mengingat beberapa password pada beberapa akun untuk menjaga keamanan password.

Saya sendiri menggunakan dua macam solusi di atas. Karena saya rasa tidak satu solusi yang selalu pas untuk digunakan di segala macam kondisi. Misal saja konsep master password yang digunakan pada email client.

Kita dapat memiliki banyak akun email pada satu email client. Dan tentu lebih nyaman (dengan mengesampinkan faktor keamanan) bila kita menyimpan password masing-masing akun email menggunakan fitur Password Manager. Sehingga setiap kita menerima atau mengirim email, kita cukup menggunakan master password.

4 Comments

  1. rnt says:

    ane pernah denger kalo password yang disimpan tuh tidak terenkripsi (kalo g salah d pidgin)
    so bila kita tahu bagaimana penyimpanannya, saja “diambil” orang
    apakah di thunderbird terenkripsi?

    —————————————-
    kunjungi blog ane

    http://rintoachmad.blog.ugm.ac.id

  2. Fery says:

    belum tau gan, setauku tu passwd2nya di-hide. bukanya pake master passwd.
    ntar dicari deh 😀

  3. ARmi says:

    fungsinya kaya KDE wallet bukan gan ?

  4. Fery says:

    iya, KDE wallet tu emang manajer password 🙂

Leave a Reply