Installing XChat di Blankon Pattimura “Like A Boss” :p

[Introduction]

Di sore yang cerah tetapi mendung, eh, hujan deras ding 😀
Aku dan kawan-kawan terjebak di PPTiK UGM waktu sore itu. Ah, it’s okay pikirku karena ada tempat andalan di sini. Kami pun langsung meluncur ke opencafe. Selesai pasang laptop, buka browser, open arbitraty page, login. Akses internet dimulai.

[Problem Domain]

Tanpa dinyana, hujan sore itu berhasil meninabobokkan koneksi internet di PPTiK. Namun, kami masih bisa mengakses intranet UGM. Hal ini tak terlalu masalah untuk saya karena masih ada modem. Lumayan-lah untuk browsing. Setelah beberapa saat, dimintai tolong oleh teman-teman untuk menginstall XChat. Hajar bleh, langsung buka terminal. Ctrl+Alt+T, lalu keluarkan jurus install,

sudo apt-get install xchat

ternyata, eh, ternyata, kecepatan download sangat rendah(kan pake modem biasa). Estimasi waktu download file yang ukurannya tidak lebih dari 5MB mencapai 1 jam lebih. Terang saja, koneksi menggunakan modem di dalam gedung tentu tidak bisa maksimal.

[Analisis & Design]

Repositori yang saya gunakan adalah repositori kambing dari UI. Saya pikir kembali, bukankah di repo UGM pasti ada installer XChat? Ya, jelas ada. Saya coba cari di sini. Sip, memang ada :D. Lalu terbentur kembali dengan koneksi modem yang lambat. Eh lupa, yang putus kan koneksi internet, bukan intranet. Nah, selanjutnya saya konek dengan wifi UGM-hotspot dan akses ke repo pun lancar. Download file-nya, lalu install. Selesai! (belum selesai)

[Solution & Implementation]
Setelah melalui tahap analisis, mari kita lakukan rencana di atas. Yang di atas tu baru ada dalam pikiran waktu itu :p
Buka halaman http://repo.ugm.ac.id/apt-web/.
Karena sudah pengalaman Blankon 7 yang saya pake lancar pake installer dari Ubuntu 11.10, saya biarkan pilihannya..
Pada form packages isikan ‘xchat’, makan akan muncul link-link download file deb..

Saya donwload link-link tersebut menggunakan wget. Sebelumnya saya copy dulu link-link ke dalam suatu file teks,misal bernama “glink.txt” dan saya masukkan ke dalam folder xchat_master, ini contoh juga. Nama file atau folder tentu bisa dirubah sesuai keinginan. Lalu saya masuk ke folder xchat_master dan mengeksekusi command “wget -i glink.txt”. Karena lokasi download ada di intranet UGM, alhamdulillah download berjalan lancar tanpa gangguan apapun. Setelah selesai, maka dalam folder xchat_master ada sekumpulan file deb. Saya lakukan instalasi dengan eksekusi command “sudo dpkg -i *deb”. Tunggu beberapa detik, aplikasi xchat sudah selesai terinstall.

Penggunaan xchat gampang. Ntar di post di next post deh 🙂

Leave a Reply