Archive for the ‘utak-atik’ Category

Bangun Jembatan, Telpon Kemudian. Judul ini Implisit.

Sebenarnya ini saya cuma mau nulis tutorial. Judulnya implisit soalnya aslinya kita akan men-setting sebuah DSL Router (modem dari Telkom) untuk dijadikan bridge. Kemudian kita men-dial menggunakan komputer kita. Kita bikin gampang aja. Tinggal next..next..next, mirip banget kayak nginstall kebanyakan program di Windows. Oke, pertama seperti terlihat di gambar atas, tidak masalah kita lanjutkan dengan […]

Koneksi PPPoE ke ISP di Windows XP

Pada artikel ini akan ditunjukkan langkah-langkah sederhana untuk melakukan koneksi PPPoE ke ISP menggunakan komputer windows xp. Langsung capcus, berikut caranya:

Contoh Mengubah NFA menjadi DFA

Misal diketahui suatu NFA dengan alfabet {0, 1}, himpunan state {a, b, c, d}, inisial state a, final state {a, c} dengan relasi transisinya Δ = {((a,101),b), ((a, Λ),d), ((b,1),b), ((b,0),d), ((b,11,),c), ((b, Λ),c), ((d,1),c)}. Dan kita ingin mengubah NFA di atas menjadi DFA yang ekuivalen. Pertama kita gambar dahulu NFA berdasar spesifikasi di atas. Lingkaran […]

Mainan DNS server di Ubuntu Family :p

What? DNS server? makanan apa tu? DNS server tu klo di komputer Anda sekalian bisa berupa deretan 4 oktet angka yang dipisahkan dengan titik. Tanpa itu, Anda harus mengetikkan 74.125.71.113 untuk membuka google. Nggak mau kan? Karena itulah kita perlu DNS server. Hanya saja yang berikut ini adalah DNS server untuk pembelajaran.

Manual IP Configuration on Ubuntu Family

IP ku turun 🙁 Gak usah khawatir, kita bisa konfigurasi ulang secara manual kok 😀 Begini caranya. Pertama-tama lakukan jurus ampuh, buka Gnome terminal. (soalnya SO-nya keluarga Ubuntu) . Lalu buka file /etc/network/interfaces sebagai root. Kita akan ubah IP dari interface eth0. $ sudo nano /etc/network/interfaces Tambahkan baris-baris berikut: auto eth0 iface eth0 inet static […]

Installing XChat di Blankon Pattimura “Like A Boss” :p

[Introduction] Di sore yang cerah tetapi mendung, eh, hujan deras ding 😀 Aku dan kawan-kawan terjebak di PPTiK UGM waktu sore itu. Ah, it’s okay pikirku karena ada tempat andalan di sini. Kami pun langsung meluncur ke opencafe. Selesai pasang laptop, buka browser, open arbitraty page, login. Akses internet dimulai. [Problem Domain] Tanpa dinyana, hujan […]

Pengaturan Email Client untuk Akun Email UGM

Once upon a time, seorang mahasiswa ingin menggunakan aplikasi email client untuk pengecekan juga pengiriman email sehari-hari. Saat itu dia menggunakan Thunderbird. Mahasiswa itu juga mencari-cari cara bagaimana caranya menggunakan aplikasi tersebut sehingga dia bisa melihat dan mengirim email tanpa harus masuk ke webmail menggunakan browser. Mahasiswa tersebut cukup beruntung karena sudah mengetahui konsep bagaimana […]

Ekstensi Quick Note di Browser Google Chrome

Waktu jalan-jalan di Chrome Web Store, tertarik dengan suatu ekstensi yang bernama Quick Note. Dengan ekstensi ini kita dapat melakukan catat-mencatat lebih cepat. Dan yang saya nilai bagus dari ekstensi ini adalah storage yang digunakan adalah cloud storage, dimana segala informasi yang kita catat disimpan di suatu tempat di internet. Terlepas dari masalah privacy, hal […]

Konversi Proyek Quantum Gis ke Database PostgreSQL (PostGIS)

Sebelum melakukan eksport proyek Quantum GIS ke mapserver versi database, kita perlu konversi terlebih dahulu proyek tersebut ke database. Extension PostGIS juga harus sudah terinstall ke PostgreSQL agar langkah di bawah dapat berhasil. Berikut langkah-langkah untuk konversi: Pertama, buka PgAdmin Kedua, koneksikan ke PostgreSQL Ketiga, buat database baru Keempat, isikan 2 komponen paling penting, Nama […]

New Release from Ubuntu

Ubuntu keluaran terbaru telah dirilis. Ubuntu 10.10, atau punya panggilan Maverick Meerkat. Ubuntu 11.04, atau punya panggilan Natty Narwhal. Ubuntu 11.10, atau punya panggilan Oneiric Ocelot. Silahkan unduh di sini. Lebih cepat didownload melalui intranet UGM.