Archive for the ‘utak-atik’ Category

Eksport Proyek Quantum Gis ke Mapfile Mapserver (versi shp)

Ternyata lumayan susah untuk konversi hasil digitasi yang sudah tersimpan sebagai proyek di Quantum GIS ke mapfile yang nantinya akan dijalankan di mapserver. Di bawah akan dijelenterehkan langkah-langkah sejak opening proyek di QGis sampai menampilkan di mapserver. Tampilan software tentu saja tergantung konfigurasi. Quantum GIS yang digunakan diatur dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Pertama-tama, buka Project […]

Install Your HTTP Server in 5 Minutes!

Hanya 5 menit? Yup, sebenarnya sih cuma copy paste aja, paling yang lama download-nya. Berikut link download lokal-nya: ftp://repo.ugm.ac.id/ekstra/software/linux/programming/xampp/ Selesai download, masuk ke folder di mana file ter-download. Lalu buka terminal dan masuklah sebagai root. Selanjutnya ekstrak file tersebut ke folder /opt, gini caranya: # tar xzvf xampp-linux-1.7.2.tar.gz -O /opt Yup, ekstraksi sudah selesai, lalu […]

Option 461 Modem Installation @Ubuntu 9.10

Installasi Modem Option 461 on Ubuntu based Operating System Saya masih menggunakan Linux Ubuntu Karmic Koala (9.10) dan ingin menggunakan modem Option 461 untuk internetan. Namun sayangnya, modem tersebut masih belum dikenali sebagai modem oleh Ubuntu. Setelah saya cari2, akhirnya didapat file deb yang dapat dijadikan solusi agar modem dapat dikenali Ubuntu sebagai modem beneran. […]

Network Manager – Device Not Managed

Sempet kaget tiba-tiba pas klik icon Network Manager di Ubuntu kok gak ada wifi satupun yg terdeteksi. Padahal baru aja di jendela kelihatan wifi-nya. Googling aja deh akhirnya di rimba internet. Dengan keyword “device not managed”, dapet banyak link yang punya masalah sama dan [SOLVED]. Yes, Alhamdulillah 😀 Sebenarnya di forum maupun blog yg aku […]

Ubah Grub Loader

Setiap update menggunakan update manager, list saat boot bertambah panjang.. Trus gimana dong cara motongnya? Ada beberapa cara untuk mengubahnya. Tapi mari kita bahas salah satu dulu. Mari menuju ke TKP. Pergi ke /boot/grub, lalu cari grub.cfg Cari bagian yang isinya seperti ini menuentry “NAMA LINUXMU” { recordfail=1 if [ -n ${have_grubenv} ]; then save_env recordfail; […]

Instalasi WordPress-ku Error

TERNYATA di bagian ini, // ** MySQL settings – You can get this info from your web host ** // /** The name of the database for WordPress */ define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’); /** MySQL database username */ define(‘DB_USER’, ‘username_here’); /** MySQL database password */ define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’); /** MySQL hostname */ define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

Environment Variables on Windows 7

Bagi Anda yang sering menggunakan java compiler mungkin pernah kerepotan saat akan mencompile file *.java yang tidak berada dalam folder bin. Atau mungkin ingin me-launch aplikasi tertentu secara cepat dari command prompt.  Dalam kasus saya, mudah untuk memanggil notepad dari command prompt atau cmd, tapi bagaimana dengan notepad++ yang bukan default dari windows?? Karena itulah […]